Menjaga Keuangan Bisnis Kecil dengan Baik: Cara Mengelola Akuntansi

Jangan terlalu kaku dan formal

Menjaga Keuangan Bisnis Kecil dengan Baik: Cara Mengelola Akuntansi

Sudut Pandang:Mengapa Akuntansi Penting Bagai Usaha Kecil?

Menjelajahi cara mengelola akuntansi merupakan satu hal penting bagi setiap usaha kecil untuk berhasil dalam aktifitas bisnis mereka sehari-hari. Akuntansi tidak boleh diabaikan dalam usaha kecil karena ia tidak hanya membantu untuk meningkatkan pendapatan tapi juga membantu untuk meminimalkan biaya operasi. Akuntansi akan membantu Anda mengetahui waktu yang tepat untuk menaikkan harga produk atau jasa Anda dan mengetahui kapan tepat untuk membeli kembali stok Anda. Pengetahuan tentang akuntansi juga akan membantu Anda untuk mengelola laba Anda dan kesesuaian fiscal. Ini akan menjadi aset bisnis besar seiring berjalannya waktu.

Memahami Konteks Akuntansi

Untuk mengelola akuntansi secara tepat dalam usaha kecil Anda, Anda harus memahami aspek yang terlibat dalam akuntansi. Jadi setiap bisnis kecil, kami perlu menetapkan premis akuntansi yang Anda gunakan. Walaupun banyak bisnis kecil memilih standar internasional akuntansi (ISAS), beberapa dapat memilih gaya lokal akuntansi berdasarkan kebutuhan bisnis mereka. Penting untuk mengetahui deskripsi akuntansi yang Anda gunakan yaitu klasifikasi dan kegiatan rekord, termasuk nilai wajar, biaya, dan klasifikasi pajak.

Membangun Struktur Akuntansi untuk Usaha Kecil?

Sebelum memulai proses akuntansi, usaha kecil perlu membangun infrastruktur akuntansi. Ini melibatkan: pembuatan sistem keuangan, pembuatan dokumen pelaporan akuntansi sederhana, pengelompokan laporan berdasarkan jenis transaksi, pemilihan software untuk mengelola akuntansi, dan perencanaan komunikasi antara klien dan konsultan akuntansi jika diperlukan.

Menyusun dan Mengelola Akuntansi Transaksi Usaha Kecil

Salah satu tahapan penting dalam akuntansi usaha kecil adalah menyusun dan mengelola akuntansi transaksi. Ini melibatkan: pembuatan dan pelacakan jurnal keuangan, mencatat dan membalik jurnal setiap bulan, menyelesaikan dan melepas entri jurnal, dan menyelesaikan jurnal umum. Akuntansi transaksi berfokus pada membantu perusahaan memetakan arus kas dan mengevaluasi kinerja bisnis .

Melacak Pengaturan Persediaan dan Laporan Persediaan Usaha Kecil

Setiap usaha kecil dengan produk fisik diharuskan untuk melacak inventori mereka. Hal ini melibatkan mencatat harga beli dan harga jual dari setiap produk, memonitoring waktu penjualan dan pelacakan pengeluaran. Dengan cara ini, usaha kecil dapat mengelola dengan aman persediaan, mengurangi biaya overhead dan melayani pelanggan mereka secara tepat waktu. Semua transaksi harus dicatat dan diinventarisasi untuk kepentingan laporan pelaporan bagi usaha kecil.

Menyelesaikan Laporan Biasa Usaha Kecil

Selain persediaan, usaha kecil juga harus menyelesaikan laporan lainnya. Ini termasuk beberapa jenis laporan, meliputi: laporan menyamping (PT), laporan arus kas, laporan laba/rugi, laporan posisi keuangan dan laporan pajak. Semua laporan ini menunjukkan keadaan keuangan usaha kecil. Mereka dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai jenis laporan biaya, pajak dan lainnya.

Membuat Proyeksi dan Perencanaan Usaha Untuk Usaha Kecil

Untuk mencapai tujuan jangka panjang perusahaan, usaha kecil harus melanjutkan proyeksi masa depan bisnisnya. Perencanaan ini akan mencakup sisi-sisi bisnis seperti perkiraan pendapatan, biaya, pusat pemasaran, pembukaan cabang baru, dan pengembangan bisnis. Akuntansi juga membantu usaha kecil mengidentifikasi peluang dan risiko bisnis sehingga mereka dapat membuat siasat yang tepat. Akuntansi juga membantu untuk mengidentifikasi risiko regulasi dan mendeteksi kehakiman pembayaran.

Mengatur Keuangan Usaha Kecil Meliputi:

Dengan memahami proses akuntansi usaha kecil, usaha kecil dapat membuat keputusan yang tepat soal keuangan. Keputusan ini memberi tujuan sehingga usaha kecil dapat menyelesaikan tujuan mereka dengan lebih cepat dan efisien. Beberapa hal penting yang usaha kecil harus lakukan untuk meningkatkan pendapatannya, meminimalkan kewajiban dan mengelola aset yang berharga untuk bisnisnya. Akuntansi dan audit akan membantu usaha kecil untuk mengelola keuangan mereka dengan benar dan mempertahankan laporan keuangan akurat.

Kesimpulan

Akuntansi banyak membantu usaha kecil untuk mencapai tujuan bisnis mereka. Sebuah usaha kecil harus memastikan bahwa mere